Ilmu Biologi (Sel)


Sel adalah unit terkecil yang menunjukkan semua sifat yang dihubungkan dengan kehidupan. Suatu sel harus memperoleh energy dari luar untuk digunakan dalam proses-proses vitalnya, misalnya pertumbuhan, perbaikan, dan reproduksi. Senua reaksi kimiawi dan fisika yang terjadi di dalam sel untuk mendukung fungsi-fungsi tersebut disebut metabolisme. Reaksi metabolic dikatalisis oleh enzim. Enzim adalah biomolekul organik yang dapat mempercepat terjadinya reaksi biokimiawi tanpa diubah secara permanen ataupun dikonsumsi dalam proses tersebut. Struktur tiap enzim dikodekan oleh suatu segmen asam deoksiribonukleat (deoxyribonucleic acid, DNA) yang disebut gen.

Secara structural, terdapat dua jenis sel, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Walaupun jauh dari sederhana, sel prokariotik (termasuk bakteri dan archea) umumnya berukuran lebih kecil dan mempunyai struktur lebih sederhana daripada sel eukariotik. Perbedaan utama antara kedua jenis sel itu adalah bahwa materi genetic (DNA) sel prokariotik tidak terletak dalam suatu struktur membrane ganda yang disebut nucleus. Sedangkan pada eukariotik, semua materi genetiknya terdapat dalam molekul DNA, yang terdapat sebagai kromosom. Kromosom adalah struktur-striktur linear berjumlah banyak yang terletak di dalam nucleus.

Salah satu ciri yang membedakan antara tumbuhan dan hewan adalah bahwa tumbuhan dan fungi mempunyai dinding sel yang secara berurutan terbuat dari selulosa dan kitin, sedangkan sel hewan tidak mempunyai dinding sel.

0 Response to "Ilmu Biologi (Sel)"

Posting Komentar